Jakarta – Seri pembukan MotoGP 2010 yang dilangsungkan di Qatar mencatatkan sebuah rekor baru. Di balapan tersebut, empat pembalap di posisi terdepan finis dengan selisih waktu paling ketat sepanjang sejarah 800 cc.

Pada balapan malam yang digelar di Sirkuit Losail tersebut, Valentino Rossi berhasil mengukuhkan dirinya sebagai juara. Sukses tersebut tak bisa dilepaskan dari jatuhnya Casey Stoner, sang pemegang pole, di awal balapan.

Rossi menyentuh garis finis dengan dibayangi oleh Jorge Lorenzo di posisi dua, Andrea Dovizioso (Honda) pada tangga ketiga dan Nicky Hayden (Ducati) menempati urutan empat.

Kalau kemudian balapan tersebut mencatatkan sebuah rekor, itu karena keempat pembalap tersebut cuma terpaut 1,876 detik saat menyentuh garis finis. Ini adalah rekor catatan waktu paling ketat antara empat pembalap terdepan sejak MotoGP beralih ke mesin 880 cc pada 2007 lalu.

Namun rekor tersebut ternyata cuma berada di posisi 10 catatan waktu paling ketat jika dibandingkan dengan seluruh rekor di kelas rajanya balapan motor.

Sejarah mencatat kalau waktu terdekat antara empat pembalap terdepan terjadi di MotoGP Jerman tahun 2006, saat MotoGP masih menggunakan mesin 990 cc. Kala itu Valentino Rossi, Marco Melandri, Nicky Hayden dan Pedrosa menyentuh garis finis dengan hanya terpaut 0,307 detik (!).

Empat besar MotoGP Qatar

1. Valentino Rossi 42’50.099
2. Jorge Lorenzo +1.022
3. Andrea Dovizioso +1.865
4. Nicky Hayden +1.876