Delhi:India Yamaha Motor Pvt. Ltd, Rabu (14/4) resmi meluncurkan model anyar tipe seport besutannya, yaitu Yamaha YBR 110 cc. Motor 4 tak berpendingin udara SOHC dengan starter elektrik itu dibanderol 41.000 rupee atau sekitar Rp 8,56 juta.

“Setelah sukses meluncurkan motor baru di segmen 150 cc, kini kami meluncurkan motor YBR 110 yang kami posisikan sebagai motor para komuter. Sebab dengan desain bodi yang ergonomis dan menarik motor ini sangat nyaman untuk kegiatan sehari-hari,” papar Yukimine Tsuji, Chief Executive and Managing Director Yamaha India , seperti dikutip indianon2wheels.com, Rabu (15/4).

Tsuji menambahkan, juah sebelum meluncurkan Yamaha YBR baru itu, pihaknya telah melakukan serangkaian penelitian terhadap para komuter. Hasilnya, para pelaju – orang yang menempuh perjalanan jauh dari tempat tinggal ke tempat kerja – menginginkan sebuah motor yang nyaman, lincah, hemat bahan bakar serta harga terjangkau.

“Dari hasil penelitian itulah lahir Yamaha YBR 110 yang penuh dengan DNA Yamaha, yaitu performen (mesin –red), inovasi (teknologi), serta desain. Kami percaya (peluncuran) ini juga akan membawa kesuksesan pada motor  premium kami,” aku Tsuji.

Di India, Yamaha YBR 110 cc itu ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, merah, serrta kombinasi merah dan hitam.

Lantas adakah kemungkinan motor sport anyar itu diboyong ke Indonesia ? “Intinya pada tahun ini kami akan meluncurkan beberapa model baru, termasuk model sport. Tapi apa nama model itu kami belum bisa sampaikan,”  ujar sumber di PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI) saat dihubungi Tempo, Kamis (15/4).

Menurut dia, bisa saja satu model di negara lain memiliki nama yang berbeda di negara lain, meski spesifikasi mesin dan fitur sama. “Kalau ditanya apakah Yamaha YBR? Kami belum ada rencana dengan nama tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya, Dyonisius Beti Presiden Direktur PT YMKI memang menyebut model sport anyar yang bakal diluncurkan pihaknya adalah Yamaha Byson. “Kemungkinan Mei atau paling lambat Juli. Karena sebelum meluncurkan produk kami mempertimbangkan banyak hal, karena kami ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen,” akunya beberapa waktu lalu.

Yamaha Byson mengusung mesin karburator 153 cc. Desainnya mirip dengan Yamaha FZ16. Model sport itu diluncurkan Yamaha Motor Pvt Ltd India September 2009 lalu.

source : tempointeraktif.com