Singapura – Singapura terus mematangkan rencananya untuk menggelar balapan MotoGP. Negeri Singa ini telah siap membangun sebuah sirkuit untuk menggelar balapan MotoGP di 2012.

Singapura rupanya tidak mau kalah dengan Malaysia yang telah menggelar F1 dan juga balapan MotoGP. Setelah sukses menggelar balapan malam Formula 1, Singapura juga siap membawa ajang MotoGP ke negara tersebut.

Persaingan Valentino Rossi dengan Casey Stoner akan bisa disaksikan di Singapura. Hal itu dipastikan setelah SG Changi Private Unlimited memenangi kontrak pembangunan sirkuit MotoGP yang diharapkan selesai pada 2011.

“Akhir 2011 diharapkan sudah selesai. Kami berharap bisa memulai event pada 2012. Kami tertarik membawa beberapa balapan internasional seperti GT dan MotoGP,” kata Director SG Changi Eddie Koh seperti dilansir Ultimate Motorcycling.

Sirkuit tersebut akan dibangun di dekat bandara Changi yang akan memakai tempat seluas 41 hektar dengan trek yang sesuai standar FIM yaitu 4 kilometer. Juga ada trek untuk drag race, trek karting, musium serta tribun untuk 20 ribu penonton.

Media Singapura mengungkapkan sirkuit ini dibuat sesuai rencana asli yaitu 3,7 km trek yang sesuai dengan syarat FIM untuk menggelar balapan MotoGP. Sirkuit ini pun akan semakin menguatkan dunia balap di Singapura

“F1 adalah permata bagi olahraga Singapura, dan kami melihat itu adalah satu langkah. Kami perlu maju ke depan dan itu mengapa kami memiliki ide memiliki sendiri tempat balap motor,” kata Menteri Olahraga Singapura Dr. Vivian Balakrishnan