Jakarta – Musim lalu Valentino Rossi mendapat persaingan ketat dari Jorge Lorenzo. Dua musim lalu adalah Casey Stoner yang tampil jadi rival berat Rossi. Sang juara bertahan pun kini bicara tentang dua pesaingnya itu.

Tahta juara MotoGP diduduki Rossi selama dua musim terakhir. Prestasi itu dia capai setelah menyisihkan Stoner dan Lorenzo yang masing-masing menjadi runner-up di tiap musim.

Dengan musim 2010 yang akan start sedari 11 April depan saat balapan dihelat di Losail, Rossi pun harus siap menghadapi tantangan dari para pembalap MotoGP lain, khususnya dua rider tadi.

Dalam sebuah pertarungan, pengetahuan yang didapat dari hasil pengamatan terhadap lawan pun tak bisa disepelekan. Oleh karena itu Rossi pun telah mengobservasi Stoner dan Lorenzo agar senantiasa bisa mengatasi keduanya dalam memuluskan jalan ke tahta juara.

“Lorenzo bagus dalam menyalip: saat berada di belakang pembalap lain dan harus segera berada di depan, dia langsung menyalip mereka dengan cepat. Tentu (Lorenzo menyalip) lebih baik daripada Stoner.”

“Saat memotong (di lintasan), untukku Lorenzo terlihat sangat sulit dilawan. Untuk alasan tadi, aku harus bilang bahwa dia adalah pembalap yang paling sulit untuk dihadapi. Lorenzo tak segan memotong,” urai Rossi kepada Motosprint.

Memberikan pujian tinggi buat Lorenzo bukan berarti Rossi menyepelekan Stoner. Si pembalap Ducati tetap diwaspadai Rossi karena punya kecepatan dan naluri hebat.

“Mereka berdua punya gaya berbeda. Sulit dikatakan (siapa yang lebih tangguh) karena mereka sama-sama punya kekuatan dan kelemahan. Namun, aku bisa katakan bahwa Lorenzo mirip-mirip denganku sedangkan Stoner berbeda, dia sangat penuh naluri dan dia sangat baik dalam hal ngebut dengan cepat,” tandas Rossi.

source : detik.com