SEPANG, Kompas.com – Manajer tim Fiat Yamaha, Davide Brivio, melihat sosok Valentino Rossi bakal menjadi pebalap yang terus membuat kejutan pada musim 2010. Pengalaman setelah merebut sembilan kali gelar juara membuat “The Doctor” semakin mantap sebagai jawara MotoGP.

“Valentino selalu memberikan kami kejutan pada tahun lalu. Kejutan baik maupun kejutan buruk. Dia mengejutkan kami dengan menjadi juara dan kemenangan yang disertai dengan gaya selebrasi sensasional yang terkenang dalam ingatan semua orang,” kata Brivio.

Namun di saat-saat yang lain, Rossi juga membuat kejutan kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari. “Tapi dari semua kejutan, kejutan terbesar adalah determinasinya. Determinasi dia setelah menjadi juara dunia sebanyak sembilan kali,” tegasnya.

Pebalap asal Italia ini menjadi satu-satunya orang yang masih berpeluang terus menorehkan rekor besar dalam sejarah juara MotoGP. “Gelar juara berikutnya akan menjadi kejutan terbesar,” imbuh Brivio.

Saat ditanya siapa yang akan menjadi rival utama dalam persaingan sengit pada MotoGP 2010, Brivio menyebutkan dua nama yang akan menjadi pesaing utama Rossi.

“Saya memerkirakan Casey Stoner dan Jorge Lorenzo yang akan bersaing ketat dengan Rossi, karena pada akhir musim lalu mereka sangat kuat,” katanya.

Kejutan lain diperkirakan akan muncul dari sosok pebalap seperti Ben Spies dan Marco Simoncelli. “Keduanya bisa melakukan kejutan, tapi kejutan untuk menjadi juara masih ada pada tiga atau empat pebalap saja,” urainya.

Rossi pun mengaku nyaman bersama Yamaha. Ia berharap bisa kembali meraih gelar juara dunia untuk kedelapan kalinya di kelas MotoGP. “Saya sangat nyaman berada di Yamaha dan tentu saja tim ini merupakan pilihan utama saya,” katanya dilansir dari Motorcycle News.

Yang menjadi kendala, pertengahan musim nanti, kontrak Rossi bersama Yamaha akan berakhir. Isu bahwa pebalap berusia 30 tahun itu akan pindah ke Ducati atau meniti kariernya sebagai pebalap Formula One (F1) pun kembali menyeruak.

“Untuk beberapa situasi, sungguh tidak mengenakkan bila kita bicara tentang di mana para rider nantinya di tahun 2011, padahal musim 2010 masih belum mulai,” ungkapnya.

Rossi menegaskan dirinya baru mau bicara soal masa depannya di pertengahan tahun. “Saya pikir, semua akan saya beri tahu pada Juni atau Juli. Di bulan Juni 2008, saya teken kontrak baru dengan Yamaha. Jadi untuk tahun ini, soal kepastian itu kurang lebih akan hadir di waktu yang sama,” tambah juara dunia tujuh kali kelas premier itu.

Selain Rossi, kontrak tiga pebalap yang masuk anggota the big four, Lorenzo, Stoner, dan Dani Pedrosa juga bakal habis.

“Ini merupakan sebuah kebetulan yang sangat aneh, karena kontrak empat besar pebalap akan berakhir secara bersamaan. Saya membayangkan bahwa masing-masing dari kami akan mengambil keputusan yang terbaik bagi kami sendiri,” kata Rossi seperti dilansir dari MCN.

Jadi, selain kejutan di atas sirkuit yang akan terjadi sepanjang musim 2010, kita juga bisa menunggu kejutan mengenai masa depan dari pebalap top four. (MBA)