Yamaha memperkenalkan motor balap YZR-M1 untuk musim kompetisi 2010, termasuk buat Valentino Rossi untuk mempertahankan gelar juara dunianya. Tunggangan baru Rossi dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo, ini diperkenalkan di sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (4/2/2010) pagi sebelum sesi tes dimulai.

Pimpinan tim Yamaha, Davide Brivio, mengatakan bahwa perubahan utama pada YZR-M1 2010 terdapat di mesin yang mengadopsi peraturan baru tahun ini, terkait penyunatan anggaran mengikuti F1.

“Pekerjaan dikonsentrasikan pada dua poin utama. Pertama, pada sasis yang telah mendapat pengembangan mengikuti karakter mesin yang telah mengikuti regulasi,” papar Brivio. Tahun depan, mereka punya enam mesin untuk mengikuti seluruh rangkaian balapan. Jadi, daya tahan mesin harus kuat. “Sekarang ini, para engineer lagi mencurahkan energinya untuk kepentingan mesin,” sebut Brivio.

Brivio senang dengan komposisi pasangan pebalap sekarang ini (Rossi-Lorenzo). “2009 merupakan tahun sukses buat Yamaha yang sudah cukup lama berkiprah pada ajang balap motor,” ungkap Lin Jarvis, Kepala Bidang Racing di perusahaan Yamaha. Sangat sulit, tambah Lin, mengulang performa seperti tahun lalu. Namun, Yamaha akan mencobanya lagi.

Valentino Rossi sendiri ketika diwawancarai Autosport mengaku bahwa Yamaha sudah melakukan pengembangan dari kekurangan yang dialami tahun lalu. “Ada dua aspek, pertama menyangkut sasis dan saya sudah menjajalnya di Valencia. Fokus di sini, membuat motor stabil dan lebih mengcengkeram,” komentarnya.

Aspek kedua, “Ini lebih penting, menyangkut mesin. Kami butuh mesin yang lebih bertenaga dan berdaya tahan lama. Ini tidak mudah buat Yamaha. Tapi saya tahu bahwa mereka bekerja keras untuk hal satu ini,” sebut Rossi.

source :