Madonna di Campiglio – Valentino Rossi kembali mendapatkan untuk mengetes mobil Formula 1 milik Ferrari. Kesempatan ujicoba itu diberikan sebagai ‘hadiah’ untuk sukses Rossi jadi juara dunia MotoGP.

Tes tersebut bakal digelar di Barcelona pada 20-21 Januari nanti. Namun Rossi tidak akan memakai mobil terbaru keluaran The Red Scarlet, tapi akan menggunakan sasis lama.

“Saya bisa memastikan bahwa Valentino, seperti yang kami janjikan saat dia juara dunia (MotoGP) tahun lalu, akan melakukan tes di Barcelona pada 20-21 Januari,” ungkap prinsipal Ferrari Stefano Domenicali di Autosport.

“Setelah itu, Valentino tahu bahwa kami akan fokus ke target kami di musim 2010,” lanjut Domenicali.

Ini adalah kali kesekian Rossi mendapat kesempatan menjajal mobil Ferrari. Juara dunia MotoGP itu pertama melakukannya pada tahun 2006 sehingga memunculkan kabar bahwa ia akan hijrah ke F1. Rossi melakukan tes lagi pada November 2008.

Rossi beberapa kali menepis rumor bahwa tes yang ia lakukan adalah persiapan untuk terjun ke F1. Tapi buat Domenicali, pria 30 tahun itu bisa direkrut Ferrari andai aturan membolehkan sebuah tim memakai tiga mobil.

“Seorang pilot seperti Valentino, jika dia tertarik, bisa konsisten dalam proyek semacam ini,” tandas Domenicali.