Setelah mengeluarkan varian terbarunya di penghujung 2009, New Jupiter Z. Kabarnya PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sudah menyiapkan 7 motor andalannya mulai dari katagori bebek, skubek dan juga sport untuk menggempur pasaran roda dua di tanah air.

Sekitar bulan April 2010 nanti, YMKI berencana mengeluarkan Byson, motor tipe sport yang nyaman dikendarai dan memiliki power besar. Motor berkapasitas mesin 153 cc ini, lebih besar 3,2 cc dari Yamaha V-ixion yang hanya berkapasitas 149,8 cc. Namun untuk urusan teknologi, Byson menggunakan karburator, tidak secanggih V-ixion yang menggunakan sistem pasokan bahan bakar injeksi. Karenanya, Byson diperkirakan lebih murah harganya dibanding V-ixion.

Selain tipe sport, YMKI berencana mengeluarkan bebek matik pada akhir Juli tahun depan. Motor yang sudah diluncurkan di Vietnam ini dinamakan Lexam. Lexam ini menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission alias CVT mirip dengan yang digunakan pada skutik. Tapi untuk aplikasi di motor jenis bebek, teknologi ini dinamakan YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission).

Kemungkinan bebek matik ini akan diluncurkan di Indonesia pada saat gelaran akbar tahunan IIMS (Indonesia International Motor Show) yang akan berlangsung dari 23 Juli hingga 1 Agustus 2010 di Jakarta International Expo (JiExpo).

Source : roda-dua.com