rossi1

Data diri
-Valentino Rossi lahir di kota Urbino, Italia, 16 Februari 1979.

-Sangat menyukai adu kecepatan sejak kecil, ia sangat berhasrat untuk menjadi pembalap gokart. Tapi, Rossi lantas memilih untuk mengikuti jejak ayahnya, Graziano, yang juga seorang pembalap motor.

Karir balap
-Mengawali debutnya di dunia balap motor pada tahun 1996 dengan mengikuti kelas 125 cc memperkuat tim Aprilia.

-Setahun kemudian, tepatnya tahun 1997, Rossi mengukuhkan namanya sebagai juara dunia kelas 125 cc.

-Tahun 1998 Rossi naik ke kelas 250 cc, masih tetap bersama tim Aprilia. Ia menjadu juara kelas 250 cc setahun kemudian.

-Usai menjadi juara di 250 cc, Rossi langsung naik ke kelas 500 cc pada tahun 2000 untuk bergabung bersama tim Honda. Di musim pertamanya di sana, Rossi menjadi runner-up di belakang Kenny Roberts Jr.

-Menjadi juara dunia untuk kali pertama di tahun 2001. Tahun 2002, kelas 500 cc berganti nama jadi MotoGP. Yang tak berubah cuma juara dunianya. Rossi jadi juara dunia lagi tahun 2002.

-Meski jadi juara dunia di tahun 2003. tahun 2004, Rossi pindah dari Honda ke Yamaha. Kepindahannya diikuti oleh mekanik kepercayaannya yang juga mantan tangan kanan Mick Doohan, Jeremy Burgess.

-Langsung meraih instant success di Yamaha dengan memenangi titel dunia 2004 dan 2005.

-Saat semua orang terpikir dominasi Rossi tak terbendung, Nicky Hayden justru merebut titel dunia tahun 2006 dan tahun 2007, giliran Casey Stoner yang menjadi juara dunia.

-Tahun 2008, Rossi kembali jadi juara dunia. Saat memastikan titelnya di MotoGP Jepang, Rossi menyampaikan ‘permintaan maaf’ kepada fansnya untuk titel yang ‘terlambat’ dua tahun.

-Meraih titel juara dunia MotoGP 2009 di Malaysia. Merupakan titel ketujuhnya di kelas primer dan titel kesembilan di semua kelas.

Hal lain
– Ada beberapa teori mengapa ia dijuluki ‘The Doctor’. Pertama adalah karena gaya membalapnya yang dinilai bisa “membius” lawan-lawannya ketika melakukan overtaking. Kedua, menurut ayahnya, adalah karena gelar ‘Doctor’ di Italia merupakan sebutan untuk orang penting, menandakan Rossi adalah orang penting di negeri spaghetti.

-Nickname pertamanya di kelas 125 cc, jauh sebelum ‘The Doctor, adalah ‘Rossifumi’. Rossi memilihnya karena kagum dengan pembalap Jepang, Norifumi Abe.

-Nomor 46 tetap dipakai Rossi meski ia telah jadi juara dunia yang ‘seharusnya’ memakai nomor 1. Itu karena angka 46 merupakan nomor motor ayahnya, Graziano.

-Rossi terkenal dengan desain helmnya yang penuh corak dan warna. Mulai dari gambar matahari sampai gambar keledai pernah mampir di pelindung kepala Rossi. Desain-desain tersebut dirancang oleh Aldo Drudi.

-Punya ketertarikan tinggi ke F1 dan reli. Ia beberapa kali ikut seri reli dunia dan pernah mengetes mobil F1 Ferrari.